A.
Why
people start small business
Wirausaha adalah
pekerjaan dengan hasil yang kadang sulit diduga sehingga penting bagi
orang-orang yang baru memulai usaha untuk memilih usaha dengan modal yang
kecil. Dengan modal yang kecil tentu resiko yang akan diterima juga juga kecil.
Adapun keuntungan memulai dengan usaha kecil adalah :
1. Bisa
dimulai dari sekarang
Memulai usaha
kecil tidak harus menunggu semuanya siap dan sempurna. Dengan modal secukupnya,
orang-orang bisa memulai usaha kecil sekarang juga.
2. Mudah
ditangani
Ketika usaha
masih kecil, jumlah transaksi masih sedikit dan permasalahan pun masih
sederhana. Dengan demikian, pelaku usaha kesil yang pada umumnya pemula dalam
usaha bisnis bisa menangani masalah pekerjaan tersebut.
3. Modal
kecil, resiko pun kecil
Memulai usaha
kecil memberikan keuntungan secara mental, yaitu tak takut rugi. Dengan
demikian pelaku usaha kecil akan lebih berani dalam menghadapi tantangan dunia
bisnis.
4. Tempat
belajar yang baik
Usaha kecil
memberikan kesempatan untuk belajar menguasai bisnis setahap demi setahap.
Ketika usaha mulai tumbuh besar dan kompleks, maka pelaku usaha telah memiliki
pondasi kecakapan dan kebijaksanaan yang lebih kokoh.
B.
Characteristic
of successful entrepreneur
Karakter
entrepreneur sukses antara lain :
1. Pikirkan
kesuksesan
Kita
perlu bermimpi besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah sukses dimulai dengan
mimpi besar. Harus memiliki visi yang
jelas tentang apa yang ingin kita capai. Tapi tidak berhenti di mimpi saja,
kita harus aktif memvisualkan sukses dalam pikiran bahwa kita hamper mendapatkan apa yang
menjadi mimpi kita.
Selain
itu, pengusaha sukses memiliki sikap keterbukaan dan keyakinan bahwa dapat
memiliki apa yang diinginkannya. Dalam ilmu manajemen telah mengajarkan
kekuatan visualisasi untuk melihat Anda dalam pikiran yang telah mencapai
impian Anda.
2. Mencintai
apa yang dilakukan
Sebenarnya
sukses itu datang dengan mudah, jika kita mencintai apa yang kita lakukan.
Pengusaha sukses tidak keberatan jika dalam kenyataan bahwa meraka
menempatkan 15 hingga 18 jam sehari untuk berbisnis karena mereka
mencintai apa yang mereka lalukan.
3. Bekerja
keras
Setiap pengusaha
sukses selalu bekerja keras dan keras. Bekerja keras akan mudah jika Anda
memiliki visi, tujuan yang jelas dan bersemangat dengan apa yang Anda lakukan.
4. Kemauan
untuk belajar
Pengusaha
Sukses tidak perlu bergelar MBA atau PhD untuk berhasil dalam berbisnis. Yang
terpenting ialah keinginan untuk belajar. Salah satu dari belajar itu adalah:
·
Selalu ingin tahu
·
Tertarik pada
pengetahuan yang baru
·
Selalu bertanya jika
Anda tidak mengerti
Kemauan
untuk belajar menjadi lebih penting mengingat perubahaan teknologi yang begitu
cepat sehingga pengetahuan tentang bisnis tidak ketinggalan.
1. Terus
memperluas jaringan
Dalam
bisnis perlu ada bantuan apalagi bisnis kecil. Dalam memperluas jaringan ini
bisa Anda dapatkan dalam sebuah pertemuan atau sebuah perkumpulan dalam bisnis
itu sendiri. Untuk berhasil dalam bisnis kita perlu memiliki
ketrampilan networking yang bagus.
2. Pantang
Menyerah
Tidak
ada yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun ada niat baik
dan kerja keras, kadang-kadang kita akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan. Namun, banyak
juga pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam berbisnis walaupun hampir
mengalami kemunduran. Untuk menjadi sukses dalam berbisnis adalah sebuah
tantangan dalam kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika kita
bersemangat dan pantang menyerah.
C.
How
to success in owning and managing a small business?
Menurut A. Pramono, dalam menjalankan sebuah usaha kecil
dibutuhkan :
1.
Perhatian
kepada pelanggan
Yaitu selalu luwes terhadap pelanggan, mau
mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu kita dapat meraih
simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Kepuasan pelanggan akan
menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani
pelanggan sebaik-baiknya.
2.
Kreatifitas
yang tiada henti
Menurutnya seorang pengusaha harus kreatif agar
tetap terus bertahan dalam persaingan usaha. Tidak hanya sebatas menciptakan
produk unik. Namun para pengusaha juga harus memperhatikan daya tarik atau
nilai tambah yang ditawarkan produk tersebut, sehingga produk unik yang
dihasilkan tersebut menjual dan mengena di hati para konsumen.
3.
Mental
Kuat dan Tahan banting
Pada saat di Indonesia marak penyebaran virus flu
burung, usaha A. Pramono yang berbahan ayam tersebut mengalami penurunan omset
yang sangat besar, bahkan bisnisnya hampir saja bankrupt namun dengan kegigihan
dan semangat pantang menyarah, bisnis Ayam Bakar Mas Mono bangkit kembali dan
semakin besar.
D.
Where
the opportunities are for small business
Kesempatan
untuk memulai usaha kecil adalah ketika muncul kebutuhan akan hal baru, jika
seseorang jeli akan hal tersebut, maka seorang entrepreneur akan mencari solusi
untuk memenuhi kebutuhan hal baru tersebut. Dari situlah kesempatan untuk
memulai usaha kecil baru dapat dimulai.
Jadi
seseorang harus jeli melihat pasar dan dapat melakukan inovasi, seperti yang
dilakukan oleh A. Pramono. Walaupun usaha Ayam Bakarnya yang telah sukses,
namun dia tetap jeli melihat peluang yaitu dengan membuat usaha kecil baru
yaitu Bakso Moncrot. Bakso Moncrot adalah hasil kreatifitas Mas Mono.
Menurutnya bakso yang ada di pasar saat ini sangat sedikit macamnya, yaitu
bakso yang didalamnya terdapat isian. Melihat hal itu, Mas mono mempunyai ide
untuk berpikir “out of the box”, yaitu bukan bakso dengan isian melainkan bakso
yang menjadi isian. Di Bakso Moncrot Mas Mono, bakso menjadi isian tomat.
Dengan begitu Mas mono telah menciptakan usaha yang menjawab kebutuhan pasar
akan hal baru.
E.
Some
of the growing opportunities in small business for women and minorities
Perempuan memiliki bakat, sifat disiplin, loyal, kerja keras,
dan mampu mempengaruhi lingkungannya. Karakter ini bisa menjadi modal perempuan
dalam berwirausaha. Manfaat wirausaha usaha ini sangat luas, tidak sekadar
menyokong penghasilan suami. Perempuan bisa memberdayakan dirinya sendiri,
menyalurkan hobi, dan bersosialisasi
Wanita dengan sifatnya yang halus, lembut, dan indah, dapat saja
berwirausaha di bidang creative industry. Bidang fashion design, animasi,
maupun memproduksi pernak-pernik rumah tangga yang berhubungan dengan keindahan
rumah, dapat dilakukan. Sifat perempuan yang lebih teliti dan sabar melakukan
pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan, juga mendukung mereka terjun di dalam
industri kreatif ini.
Dalam hal fashion design saja, banyak sekali objek yang bisa dijadikan
sasaran. Tidak hanya pakaian, tetapi juga sepatu, tas, dan aksesori lain. Jika
menguasai program-program desain, Anda juga bisa membuka usaha di bidang
desain. Entah itu mendesain kartu undangan, logo perusahaan, membuat packaging,
dan lain sebagainya. Pendek kata, dari tiga bidang kreatif tadi saja bisa
menguraikannya menjadi berbagai usaha.
F.
The
areas of concern for small business owner
Menurut A. Pramono yang harus
diperhatikan dalam kepemilikan usaha kecil adalah :
1. Pemasaran
Suatu
bisnis kecil tentunya harus melakukan pemasaran yang maksismal agar produknya
makin dikenal orang. Dengan teknik pemasaran yang baik, maka calon konsumen
akan semakin tertarik untuk mencoba produk yang dihasilkan.
2. Pelayanan
kepada konsumen
Bisnis
kecil yang baik diwajibkan mengutamakan pelayanan maksimal kepada konsumen.
Bagi suatu bisnis kecil dan bisa dibilang baru, pelayanan yang maksimal akan
meninggalkan kesan baik di hati konsumen. Dengan begitu diharapkan konsumen
akan makin mencintai produk kita dan menjadi pelanggan tetap.
3. Kualitas
produk
Kualitas
produk menjadi hal yang juga harus diperhatikan karena dengan begitu produk
kita akan dicintai konsumen dan dapan bersaing dengan pesaing lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar