Selasa, 14 Januari 2014

BUDGETING FOR INTERNATIONAL OPERATIONS: IMPACT ON AND INTEGRATION WITH STRATEGIC PLANNING


Perusahaan-perusahaan multinasional bersaing dengan jajaran faktor eksternal, pertimbangan internal dan faktor lain yang mempengaruhi kebijakan anggaran, komposisi, dan kontrol dan lebih pada level umum  perencanaan strategis. Nilai tukar mata uang asing, tingkat suku bunga, dan inflasi adalah tiga faktor eksternal utama yang mempengaruhi anggaran perusahaan multinasional. Unsur-unsur ini harus diperkirakan, dievaluasi, dan diperiksa sebagai bagian dari rencana strategis multinasional.

FOREIGN CURRENCY EXCHANGE RATES
Kurs valuta asing memiliki efek paling signifikan dan meluas. Perubahan nilai tukar mata uang asing pada dasarnya didasarkan pada permintaan untuk aset yang mendasari dalam mata uang tertentu. Perubahan kurs valuta asing mempengaruhi multinasional melalui translation exposureansaction exposure, ekonomic exposure. Masing-masing eksposur memiliki efek yang berbeda pada proses penganggaran keseluruhan dan pada strategi pemasaran dan keputusan operasi.
Translation Exposure
Translation Exposure mempengaruhi laporan keuangan selama pengembangan anggaran dan / atau saat anggaran sedang digunakan untuk tujuan pengendalian. Nilai tukar tertentu, biasanya didasarkan pada nilai-nilai yang diperkirakan, harus ditentukan dan diterapkan dalam penyajian laporan keuangan dianggarkan dari anggaran operasional yang berlaku.
Transaction Exposure
Prinsip menerapkan tingkat masa tukar diharapkan dapat digunakan ketika membandingkan arus kas aktual dengan arus kas yang diharapkan antara unit asing perusahaan multinasional.
Economic Exposure
Dampak ketiga variasi kurs mata uang asing adalah uncontracted future cash flows dari operasi asing atau investasi. Ini dianggap eksposur ekonomi dan membutuhkan keputusan kebijakan yang penting untuk proses penganggaran. Kegiatan perencanaan strategis harus mempertimbangkan keputusan kebijakan yang meliputi:
1.       Memilih dan segmentasi pasar yang meminimalkan efek dari fluktuasi mata uang asing sementara memaksimalkan jangka panjang arus kas.
2.       Membangun strategi harga yang didasarkan pada salah satu pangsa pasar untuk produk dengan elastisitas harga tinggi atau margin keuntungan bagi mereka dengan elastisitas harga yang rendah.
3.       Menyesuaikan anggaran promosi untuk mengambil keuntungan dari posisi harga baik dalam hal terjadi devaluasi mata uang.
4.       Mengembangkan campuran strategi penjualan untuk kedua devaluasi mata uang dan revaluasi.
5.       Beralih di antara pemasok masukan impor dan domestik untuk mencapai biaya yang lebih rendah.
Tingkat Bunga
Suku bunga mempengaruhi perusahaan multinasional melalui Efek Fisher, International Efek Fisher, dan hubungan tingkat bunga paritas. Karena dampak dari suku bunga, perencanaan strategis organisasi harus mengatasi komponen keuangan utama.
Inflasi
Perbedaan tingkat inflasi antara negara-negara mempengaruhi perusahaan multinasional melalui paritas daya beli dan Efek Fisher. Karena sifatnya jangka panjang, paritas daya beli memiliki aplikasi yang terbatas dalam proses penganggaran, tetapi memiliki arti lebih sebagai bagian dari rencana strategis entitas. Efek Fisher berguna ketika mengevaluasi komponen penting dari rencana strategis organisasi (yaitu, modal alternatif anggaran). Hal ini memungkinkan perusahaan multinasional untuk menentukan tingkat pengembalian riil yang tuntutan pasar, mengingat tingkat suatu negara inflasi dan tingkat pengembalian nominal yang dibutuhkan.

SPESIFIC BUDGETS
Setiap anggaran dipengaruhi oleh kondisi terkait dengan operasi internasional sebuah perusahaan multinasional bisnis. Bagian ini membahas anggaran tertentu dan menggambarkan eksternal, internal, dan kekuatan lain yang mempengaruhi persiapan dan / atau penggunaan anggaran.
Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan untuk operasi asing sensitif terhadap wilayah penjualan yang ditargetkan. Penjualan anggaran untuk operasi internasional yang menghasilkan produk hanya untuk penjualan intracompany dikendalikan oleh kebijakan transfer pricing.
Beban Anggaran
Beban anggaran harus menggabungkan kekuatan eksternal untuk menggambarkan operasi secara akurat. Manajer asli atau lokal seringkali akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang potensi pasar luar negeri, sumber input yang tersedia, ekonomi lokal, dan kebijakan pemerintah. Menggunakan personel bisa menghasilkan lebih dari biaya akurat daripada yang dihasilkan oleh seorang manajer bukan penduduk.
Penganggaran Modal
Proses penganggaran modal menjadi lebih kompleks dalam lingkungan bisnis global karena pertimbangan tambahan timbul. Mengembangkan dan mengevaluasi investasi dengan menggunakan sudut pandang asing akan sangat berguna ketika bank asing, pihak ketiga, dan pemerintah asing sedang mempertimbangkan investasi dalam proyek potensial atau mengevaluasi kinerjanya.
Penganggaran Kas
Penganggaran kas dalam kombinasi dengan pendekatan penganggaran modal dapat digunakan untuk mengevaluasi investasi yang akan mengelola risiko jangka panjang ekonomi dan mencocokkan aliran uang masuk dan arus kas keluar dalam mata uang yang sama.

PERTIMBANGAN LAIN
Beberapa elemen penting lain yang perlu diperiksa ketika dimensi internasional dari bisnis merupakan sebagian besar aktivitasnya. Unsur-unsur yang biasa ditemui, tetapi lingkungan global menambahkan twist yang unik.
Transfer Pricing
Dalam penganggaran internasional, transfer pricing dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan dalam berbagai macam situasi, termasuk pajak, tarif, kontrol devisa, status kredit afiliasi, profitabilitas induk dan anak perusahaan asing, dan pengurangan risiko nilai tukar.
Keputusan Kebijakan Persediaan
Untuk memenuhi rencana penjualan, operasi manufaktur akan mengelola dan memantau proses manufaktur melalui anggaran produksi. Berbagai keputusan masuk ke dalam rencana produksi, termasuk tingkat persediaan yang diperlukan untuk meminimalkan biaya dan stockouts.
Masalah Waktu
Mengkoordinasikan proses perencanaan internasional akan membutuhkan tingkat besar komunikasi vertikal dan horisontal dan koordinasi. Ketika menerapkan anggaran, waktu yang diperlukan untuk mendistribusikan komponen dan melakukan konferensi anggaran yang sesuai dengan pihak yang tepat akan lebih besar dari yang dibutuhkan untuk sebuah perusahaan dalam negeri karena jarak tambahan dan hambatan.
Pengendalian Anggaran

Penganggaran fleksibel berguna untuk pengendalian anggaran di lingkungan yang asing di mana ketidakpastian ada. Banyak dari pengaruh tak terkendali dari lingkungan internasional dapat diisolasi untuk memberikan gambaran yang lebih baik dari kinerja aktual manajemen. Penganggaran fleksibel memungkinkan manajemen untuk meramalkan efek dari berbagai skenario sehingga strategi alternatif dapat dipertimbangkan dan dilaksanakan jika diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar