Selasa, 14 Januari 2014

PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG KUKM

A.    Why people start small business
Wirausaha adalah pekerjaan dengan hasil yang kadang sulit diduga sehingga penting bagi orang-orang yang baru memulai usaha untuk memilih usaha dengan modal yang kecil. Dengan modal yang kecil tentu resiko yang akan diterima juga juga kecil. Adapun keuntungan memulai dengan usaha kecil adalah :
1.      Bisa dimulai dari sekarang
Memulai usaha kecil tidak harus menunggu semuanya siap dan sempurna. Dengan modal secukupnya, orang-orang bisa memulai usaha kecil sekarang juga.
2.      Mudah ditangani
Ketika usaha masih kecil, jumlah transaksi masih sedikit dan permasalahan pun masih sederhana. Dengan demikian, pelaku usaha kesil yang pada umumnya pemula dalam usaha bisnis bisa menangani masalah pekerjaan tersebut.
3.      Modal kecil, resiko pun kecil
Memulai usaha kecil memberikan keuntungan secara mental, yaitu tak takut rugi. Dengan demikian pelaku usaha kecil akan lebih berani dalam menghadapi tantangan dunia bisnis.
4.      Tempat belajar yang baik
Usaha kecil memberikan kesempatan untuk belajar menguasai bisnis setahap demi setahap. Ketika usaha mulai tumbuh besar dan kompleks, maka pelaku usaha telah memiliki pondasi kecakapan dan kebijaksanaan yang lebih kokoh.

B.     Characteristic of successful entrepreneur
Karakter entrepreneur sukses antara lain :
1.       Pikirkan kesuksesan
Kita perlu bermimpi besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah sukses dimulai dengan mimpi besar.  Harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kita capai. Tapi tidak berhenti di mimpi saja, kita harus aktif memvisualkan sukses dalam pikiran  bahwa kita hamper mendapatkan apa yang menjadi mimpi kita.
Selain itu, pengusaha sukses memiliki sikap keterbukaan dan keyakinan bahwa dapat memiliki apa yang diinginkannya. Dalam ilmu manajemen telah mengajarkan kekuatan visualisasi untuk melihat Anda dalam pikiran yang telah mencapai impian Anda.
2.       Mencintai apa yang dilakukan
Sebenarnya sukses itu datang dengan mudah, jika kita mencintai apa yang kita lakukan. Pengusaha sukses tidak keberatan jika dalam kenyataan bahwa meraka menempatkan 15 hingga 18 jam sehari  untuk berbisnis karena mereka mencintai apa yang mereka lalukan.
3.       Bekerja keras
Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan keras. Bekerja keras akan mudah jika Anda memiliki visi, tujuan yang jelas dan bersemangat dengan apa yang Anda lakukan.
4.       Kemauan untuk belajar
Pengusaha Sukses tidak perlu bergelar MBA atau PhD untuk berhasil dalam berbisnis. Yang terpenting ialah keinginan untuk belajar. Salah satu dari belajar itu adalah:
·         Selalu ingin tahu
·         Tertarik pada pengetahuan yang baru
·         Selalu bertanya jika Anda tidak mengerti
Kemauan untuk belajar menjadi lebih penting mengingat perubahaan teknologi yang begitu cepat sehingga pengetahuan tentang bisnis tidak ketinggalan.
1.      Terus memperluas jaringan
Dalam bisnis perlu ada bantuan apalagi bisnis kecil. Dalam memperluas jaringan ini bisa Anda dapatkan dalam sebuah pertemuan atau sebuah perkumpulan dalam bisnis itu sendiri. Untuk berhasil dalam bisnis kita perlu memiliki ketrampilan networking yang bagus.
2.      Pantang Menyerah
Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun ada niat baik dan kerja keras, kadang-kadang kita akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan. Namun, banyak juga pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam berbisnis walaupun hampir mengalami kemunduran. Untuk menjadi sukses dalam berbisnis adalah sebuah tantangan dalam kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika kita bersemangat dan pantang menyerah.

C.    How to success in owning and managing a small business?
Menurut A. Pramono, dalam menjalankan sebuah usaha kecil dibutuhkan :
1.      Perhatian kepada pelanggan
Yaitu selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu kita dapat meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya.
2.      Kreatifitas yang tiada henti
Menurutnya seorang pengusaha harus kreatif agar tetap terus bertahan dalam persaingan usaha. Tidak hanya sebatas menciptakan produk unik. Namun para pengusaha juga harus memperhatikan daya tarik atau nilai tambah yang ditawarkan produk tersebut, sehingga produk unik yang dihasilkan tersebut menjual dan mengena di hati para konsumen.
3.      Mental Kuat dan Tahan banting
Pada saat di Indonesia marak penyebaran virus flu burung, usaha A. Pramono yang berbahan ayam tersebut mengalami penurunan omset yang sangat besar, bahkan bisnisnya hampir saja bankrupt namun dengan kegigihan dan semangat pantang menyarah, bisnis Ayam Bakar Mas Mono bangkit kembali dan semakin besar.

D.    Where the opportunities are for small business
Kesempatan untuk memulai usaha kecil adalah ketika muncul kebutuhan akan hal baru, jika seseorang jeli akan hal tersebut, maka seorang entrepreneur akan mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan hal baru tersebut. Dari situlah kesempatan untuk memulai usaha kecil baru dapat dimulai.
Jadi seseorang harus jeli melihat pasar dan dapat melakukan inovasi, seperti yang dilakukan oleh A. Pramono. Walaupun usaha Ayam Bakarnya yang telah sukses, namun dia tetap jeli melihat peluang yaitu dengan membuat usaha kecil baru yaitu Bakso Moncrot. Bakso Moncrot adalah hasil kreatifitas Mas Mono. Menurutnya bakso yang ada di pasar saat ini sangat sedikit macamnya, yaitu bakso yang didalamnya terdapat isian. Melihat hal itu, Mas mono mempunyai ide untuk berpikir “out of the box”, yaitu bukan bakso dengan isian melainkan bakso yang menjadi isian. Di Bakso Moncrot Mas Mono, bakso menjadi isian tomat. Dengan begitu Mas mono telah menciptakan usaha yang menjawab kebutuhan pasar akan hal baru.

E.     Some of the growing opportunities in small business for women and minorities
Perempuan memiliki bakat, sifat disiplin, loyal, kerja keras, dan mampu mempengaruhi lingkungannya. Karakter ini bisa menjadi modal perempuan dalam berwirausaha. Manfaat wirausaha usaha ini sangat luas, tidak sekadar menyokong penghasilan suami. Perempuan bisa memberdayakan dirinya sendiri, menyalurkan hobi, dan bersosialisasi
Wanita dengan sifatnya yang halus, lembut, dan indah, dapat saja berwirausaha di bidang creative industry. Bidang fashion design, animasi, maupun memproduksi pernak-pernik rumah tangga yang berhubungan dengan keindahan rumah, dapat dilakukan. Sifat perempuan yang lebih teliti dan sabar melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan, juga mendukung mereka terjun di dalam industri kreatif ini.
Dalam hal fashion design saja, banyak sekali objek yang bisa dijadikan sasaran. Tidak hanya pakaian, tetapi juga sepatu, tas, dan aksesori lain. Jika menguasai program-program desain, Anda juga bisa membuka usaha di bidang desain. Entah itu mendesain kartu undangan, logo perusahaan, membuat packaging, dan lain sebagainya. Pendek kata, dari tiga bidang kreatif tadi saja bisa menguraikannya menjadi berbagai usaha.

F.     The areas of concern for small business owner
Menurut A. Pramono yang harus diperhatikan dalam kepemilikan usaha kecil adalah :
1.      Pemasaran
Suatu bisnis kecil tentunya harus melakukan pemasaran yang maksismal agar produknya makin dikenal orang. Dengan teknik pemasaran yang baik, maka calon konsumen akan semakin tertarik untuk mencoba produk yang dihasilkan.
2.      Pelayanan kepada konsumen
Bisnis kecil yang baik diwajibkan mengutamakan pelayanan maksimal kepada konsumen. Bagi suatu bisnis kecil dan bisa dibilang baru, pelayanan yang maksimal akan meninggalkan kesan baik di hati konsumen. Dengan begitu diharapkan konsumen akan makin mencintai produk kita dan menjadi pelanggan tetap.
3.      Kualitas produk

Kualitas produk menjadi hal yang juga harus diperhatikan karena dengan begitu produk kita akan dicintai konsumen dan dapan bersaing dengan pesaing lain.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar